Dewan Pers Jajaki Ratifikasi Aturan Penyelenggaraan Pers

Semarang (Korantarget)

Dalam pertemuan dengan berbagai kalangan di Semarang, Dewan Pers bersama sejumlah organisasi pers tengah menjajaki langkah ratifikasi peraturan penyelenggaraan pers yang telah disusun oleh masyarakat pers sendiri, seperti kode etik jurnalistik.

Ratifikasi ini bertujuan untuk meminimalisasi perusahaan-perusahaan pers gelap yang tidak mengikuti kaidah serta kode etik jurnalistik dan cenderung merugikan masyarakat dan citra pers sendiri.

Dengan adanya ratifikasi ini, masyarakat akan dengan jelas melihat profesionalisme perusahaan pers. Selain itu, hanya perusahaan pers yang ikut meratifikasi peraturan penyelenggaran pers ini yang akan dilindungi  UU 40/1999 tentang Pers.

Demikian dipaparkan Wakil Ketua Dewan Pers, S Leo Batubara, saat memberikan materi dalam Seminar Literasi Media “Mendorong Masyarakat Cerdas Memahami Media” di Semarang, Senin (14/12). Ia memaparkan Dewan Pers telah bertemu dengan sejumlah organisasi pers seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) dan Asosiasi Televisi Indonesia untuk membahas rencana ratifikasi peraturan penyelenggaraan pers tersebut. Dari hasil pertemuan tersebut sejumlah organisasi per situ sepakat untuk meratifikasi peraturan penyelenggaran pers.

Semoga dengan adanya ratifikasi aturan penyelenggaraan pers ini akan lebih membakukan “aturan main” terutama di lapangan mengenai bagaimana insan pers berkarya dan bekerja. Dan semoga ratifikasi aturan penyelenggaraan ini jika telah diterapkan juga memayungi perusahaan-perusahaan pers di daerah yang sebagian besar masih kecil tetapi juga masih banyak yang punya dedikasi dan idealisme tinggi. Dan semoga pula untuk dijadikan periksa bersama untuk semua insan pers agar lebih “bermawas diri”

(seperti juga ditulis di Korantarget.wordpress.com)

Satu Tanggapan

  1. LHA TRUZ GIMANA DENGAN CITYZENS JOURNALIST ATAU JURNALIS WARGA ? JUGA.OPINI2 PARA BLOGGER…..MENGINGAT SEKARANG NI DIDUGA HAMPIR SEMUA PERUSAHAAN PERS DIDANAI OLEH PEMODAL DENGAN MUNGKIN DIDUGA MENGANDUNG MAKSUD MELINDUNGI SEMUA KEPENTINGANNYA…??? HAYOOO…HAYOO SIAPA YANG PUNYA SOLOPOS…HAYO SIAPA YANG PUNYA JOGLO SEMAR..SIAPA YANG PUNYA SUARA MERDEKA….BAAH…SEMUA GAK ADA YANG NGELIPUT KE MASING2 EMPUNYA…EH JUGA TV ONE…METRO….HEH…SUSAH NYARI PERS DI NEGERI INI YANG DIDUGA KURANG FAIR…WONG DI AMRIK AJA PERS DIDUGA JUGA IKUT MEMBANGKRUTKAN NEGARANYA KOK…LHA INFO FINANSIALNYA JUGA DIDUGA SUDAH DISETING MA JOS BUS, JADI LUPUT TERUS PREDIKSINYA….HAYOOOO….YANG PENTING SIAPA AJA BISA NULIS…TAPI TETAP BERKODE ETIK JURNALISTIK…SALAH SATU INTINYA PRESUMPTION AT INNOSENCE….WEEEEEEEEEKKKKKK…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: