KPK : PENGADAAN BARANG DAN JASA SUMBANG POTENSI KORUPSI 35% DI APBN 2010

Jakarta, Fakta12

Komisi pemberantasan Korupsi memprediksi bahwa proyek pengadaan barang dan jasa berpotensi menyumbang korupsi sebesar 35% di APBN 2010.

”Jika proses pengadaan barang dan jasa tidak dicermati, ada potensi korupsi sebesar 35 persen,” kata Plt Ketua KPK Tumpak Hatorangan Pangabean dalam sambutan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (2/12).
Tumpak menjelaskan dalam APBN 2010, negara menyiapkan anggaran Rp 327 triliun untuk belanja negara. Di dalamnya terdapat belanja modal Rp 76,8 triliun dan belanja barang Rp 99,7 triliun.
Menurut Tumpak, KPK sejauh ini sudah menangani 50 perkara terkait pengadaan barang dan jasa. ”Kerugian negara yang ditimbulkan 35 persen dari nilai proyek,” kata Tumpak.
Sementara masyarakat juga banyak memberikan laporan kepada KPK. Sampai November, KPK menerima 2.100 pengaduan dugaan korupsi yang terkait dengan proses pengadaan barang dan jasa. ”Jika kita membandingkan, pada APBN 2010 juga ada potensi korupsi 35 persen dari total anggaran,” katanya.

(dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: