4000AN GURU SOLO SEGERA DAPAT TUNJANGAN

Solo, Fakta12

Sebanyak lebih dari 4000 guru di kota Solo akan segera terima tunjangan. Tunjangan tersebut diperuntukkan bagi guru non sertifikasi. Pembayaran tunjangan juga dimaksudkan sebagai uang tunggu bagi guru PNS yang belum menjalani sertifikasi ini, mengacu pada PP No 52 Tahun 2009 tentang Tambahan Penghasilan Bagi Guru PNS serta Peraturan Menteri Keuangan No 223 Tahun 2009.

Tambahan tunjangan yang diberikan, sebesar Rp 250.000 per bulan. Adapun untuk tahun ini, pembayaran dilakukan secara sekaligus (rapel) untuk tunjangan tahun 2009. Memang sayangnya guru-guru non sertifikasi swasta terutama yang merupakan Guru Tidak Tetap (GTT) belum tercover dalam kebijakan pemkot ini.

Tak kurang Ketua DPRD Kota Solo sendiri, YF Soekasno kepada wartawan di Gedung Dewan, Selasa (23/2) mengatakan, telah menerima tembusan data guru penerima tunjangan nonsertifikasi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo. Data ini secara rinci menyebutkan antara lain nama, nomor induk pegawai (NIP), tanggal lahir, dan tempat yang bersangkutan mengajar. Selanjutnya dengan telah tersedianya data calon penerima, Dewan segera mempersiapkan konsep draf persetujuan.

Pengonsepan draf persetujuan, perlu segera dilakukan mengingat semakin sempitnya batas waktu pencairan. Sebab pada akhir bulan ini, dana sebesar Rp 12 miliar harus sudah masuk ke kas daerah. “Memang harus cepat. Karena kita mengejar waktu. Kalau tidak nanti malah hangus. Maret harapannya sudah bisa cair,” jelas Soekasno.

Dipaparkan juga olehnya, setelah persetujuan Pimpinan Dewan dikantongi, akan ditindaklanjuti eksekutif dengan mengubah Perwali tentang penjabaran APBD 2010. Selanjutnya sesuai dengan SE Mendagri No 900/86/SJ, dana  akan ditampung dalam APBD perubahan 2010.

Oke, selamat bagi teman-teman guru non sertifikasi negeri dan PNS. Salut buat Pemkot Solo yang cepat tanggap (tetapi semoga bukan hanya berkaitan politis menjelang Pilkada lho!). Buat teman-teman GTT non sertifikasi swasta harap bersabar, semoga kedepan pemerintah pusat dan daerah akan memperhatikan lebih seksama karena kesejahteraan pendidik sudah menjadi amanat konstitusi sesuai Amandemen UUD 1945 kita tercinta !

(dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: