TALUT KALI GAJAH PUTIH AMBROL 20M KENA DERASNYA HUJAN

Solo, Fakta12

Hujan deras yang mengguyur kota Solo tiap malam 3 hari terakhir rupanya berbuah musibah. Talut baru yang masuk dalam proyek Normalisasi kali Gajah putih itu ambrol sepanjang 20 m. Ikut ambruk pula sebagian tembok Taman Balekambang di dekat talut tersebut.

Pada waktu itu memang hujan telah mengguyur kota Solo selama 3 jam lebih. Pada kira-kira pukul 18.00 WIB talut tiba-tiba ambrol. Tetapi dari penuturan beberapa warga, memang sebelumnya tanda-tanda talut itu akan longsor memang telah ada. Hal ini ditandai dengan adanya rekahan-rekahan tanah akibat gerusan hujan yang terjadi berturut-turut beberapa hari sebelumnya. rekahan-rekahan itu akhirnya ambrol pada malam Senin (15/3) itu.

Sementara itu jajaran Dinas Pekerjaan Umum Solo terlihat cepat tanggap untuk mencoba mengatasi masalah tersebut. Dari seorang sumber yang tidak mau disebut namanya diketahui DPU akan segera mengambil langkah memasang perkuatan-perkuatan sementara pada daerah sekitar rekahan-rekahan tanah di dekat tanggul tersebut. Diharapkan dengan adanya penahan atau perkuatan bambu-bambu tersebut maka rekahan tanah bisa dilokalisir.

Menurut rencana proyek DPU Solo 2010 memang proyek normalisasi kali Gajah Putih akan dilanjutkan dengan pagu dana Rp. 885 juta. Semua masih dalam pelaksanaan penyusunan Dokumen pelelangan. Jadi jika proses lelang telah berlangsung, kemungkinan besar nanti dana yang dipakai mencapai sekitar Rp. 800 jutaan. Dengan kejadian ini jelas item pekerjaan perbaikan talut yang ambrol menjadi “beban tambahan” proyek lanjutan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: