DEKLARASI, PNS SOLO BERSIKAP NETRAL

Solo, Fakta12

Hari  Jumat (9/4), lebih dari sepuluh ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendeklarasikan komitmen netralitas mereka dalam Pilkada Solo 2010. “Sebelumnya memang belum pernah ada acara deklarasi semacam ini. Deklarasi itu menjadi momentum untuk mengingatkan teman-teman, agar tetap netral dalam proses Pilkada. Apalagi incumbent dan mantan Asisten Administrasi Setda ikut dalam Pilkada,” terang Etty Retnowati, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, sehari sebelumnya,  Kamis (8/4).

Etty juga sebelumnya sempat memaparkan ketentuan, mengenai larangan dan hukuman disiplin bagi PNS yang tercantum dalam surat edaran No 800/0287/2010 tentang Netralitas PNS dalam Pilkada 2010.
Dalam peraturan itu, telah diatur adanya larangan PNS untuk mendukung kampanye, menggunakan fasilitas yang terkait jabatan, atau duduk sebagai panitia pemilihan tanpa izin atas langsung.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto mengatakan, acara deklarasi netralitas PNS dalam Pilkada  menjadi bentuk komitmen mereka. “Sehingga kesungguhan kita, para PNS untuk netral dalam Pilkada tidak hanya di bibir saja. Tetapi berani berkomitmen,” ujar dia .  Budi sebagai Sekda sendiri yang akhirnya memimpin acara pendeklarasian tersebut.

Dalam acara juga dilakukan pelepasan 12 burung merpati ke udara bebas. Ke 12 merpati tersebut mewakili jumlah 12 SKPD (Satuan Kerja perangkat Daerah, red) yang ada di lingkungan Pemkot Solo. “Merpati tak pernah ingkar janji. Seperti kata sebuah lagu, kami ingin agar setelah deklarasi ini, 10.466 PNS di lingkungan Pemkot Solo setia memegang janji mereka untuk netral dalam Pilkada. Itu mengapa dipilih merpati,” lanjut  Budi Suharto kemudian, seusai memimpin deklarasi

Yah, semoga deklarasi tersebut menjadi momentum agar Pilkada Solo 2010 berlangsung jujur, adil, bersih  dan tanpa halangan apapun, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: