UPTD GEYER GELAR DIKLAT BAHASA JAWA

UPTD Geyer & KaUPTD Geyer, Ahmadi

Grobogan, Fakta 12

Baru – baru ini UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan mengadakan pendidikan dan pelatihan bahasa jawa bagi guru sekolah dasar. Hal ini di maksudkan agar para pendidik lebih terfokus lagi pada pelajaran bahasa jawa yang selama ini di anggap sudah ketinggalan jaman. Kalaupun ada hanya beberapa jam saja dalam seminggu,. Terlebih lagi sering diakui jam mata pelajaran bahasa Jawa sangat sedikit bahkan dikorupsi (dikurangi jam pelajaranya). Diklat yang diikuti 100 peserta guru SD sekecamatan geyer Kabupaten Grobogan berlangsung salam 3 hari. Hadir dalam acara itu Kadinas pandidikan Kabupaten Grobogan Sugiato beserta rombongan.

Kepala UPTD kecamatan Geyer Ahmadi, mangatakan “bahasa jawa jangan sampai di pandang sebalah mata saja, bahasa jawa adalah kebudayaan,yang patut kita uri – uri (dilestarikan) jangan sampai tergerus oleh jaman yang serba modern, bahkan di Grobogan sendiri banyak cerita – cerita legenda yang sampai saat ini masih diyakini kebenarannya, berbasis bahasa jawa.” Selanjutnya. Kepala UPTD (Ahmadi ) sendiri berpesan agar di sekolah ada saat – saat jam istirahat selalu di putarkan lagu – lagu yang bernuasa jawa. Hal ini dilakukan agar anak didik lebih bisa memahami bahasa jawa.

Guru sebagai ujung tombak pengajar harus mampu mengajak anak didiknya untuk lebih menekankan pentingnya berbahasa Jawa secara halus (kromo) agar nilai-nilai kehalusan susastra dari bahasa Jawapun tidak akan terkikis dengan perkembangan bahasa anak remaja era modern, yaitu bahasa gaul. Padahal bahasa Indonesiapun telah banyak mengalami kerancuan dan menyimpang dari EYD karena pengaruh bahasa gaul / prokem.

2 Tanggapan

  1. Selamat sore, posting yang mengesankan banget, sukses untuk anda.
    Kunjungi juga Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, ada posting yang membahas : “Persiapan usaha cuci sepeda motor?”, dan artikel lain yang berguna, jangan lupa kasi komentar yaaa. Makasiiih.

    • trima kasih pak Haris….blog anda luar biasa…..ide yang tidak mengada-ada……..simplify…….minta ijin saya save ya pak ….matur nuwun sebelumnya….Redaksi fakta 12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: