KLATEN SIAPKAN RAPERDA PERLINDUNGAN ANAK

Klaten, Fakta12

Sebagai implementasi pemberian perhatian khusus kepada anak-anak di wilayah kerja mereka, maka Pemkab Klaten menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perlindungan Anak. Sebagai langkah awal, Pemkab menggelar Focussed Group Discussion (FGD, Grup Diskusi Terfokus, Red) di lima eks-Kawedanan Klaten, yakni Jatinom, Delanggu, Ngawen, Prambanan dan Pedan.

Hal ini seperti diungkapkan Kasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Pemkab Klaten, Giyanta saat ditemui di sela-sela FGD Kecamatan Jatinom. Menurut Giyanto, FGD itu bertujuan mengumpulkan data primer yang akan digunakan sebagai bahan penyusunan naskah akademik Raperda Perlindungan Anak tersebut.

Peserta FGD itu terdiri atas 25 perwakilan elemen masyarakat. “Mereka akan berdiskusi untuk menggali data tentang gambaran umum pengertian anak, hak, persoalan anak, serta siapa yang bertanggung jawab,” papar Giyanta didampingi anggota Forum Perlindungan Anak Kabupaten Klaten, Erry Pratama Putra.

Erry menjelaskan, selain gambaran umum tersebut, beberapa tema yang dibahas dalam FGD tersebut meliputi penanganan anak berhadapan hukum (ABH), eksploitasi seksual anak (ESA), perdagangan anak, dan anak korban kekerasan.

Sebagai gambaran yang memprihatinkan menurutnya, hingga kini Klaten belum memiliki rumah tahanan (Rutan) khusus untuk anak. Akibatnya, sejumlah tahanan anak terpaksa disatukan dengan tahanan dewasa.“Kami masih menemukan ada enam anak yang ditahan satu atap dengan tahanan dewasa. Padahal, ini tidak baik untuk perkembangan mental mereka nantinya,” tutur Erry.

Semoga dengan pembahasan dan perancangan Raperda Perlindungan anak ini bias menjadi preseden yang baik bagi daerah lain yang belum melakukan itu. Dan semoga pula demikian itu makin menjamin Hak hidup, Hak berkembang dan Hak memperoleh lingkungan yang layak bagi seluruh anak-anak di wilayah Klaten…semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: