PR BAGI WALIKOTA SOLO TERPILIH 2010

Hari ini Senin 26 April 2010 adalah hari dimana warga Solo kembali menentukan siapa Kepala Daerah atau Walikotanya 5 tahun kedepan. Ini adalah kali kedua masyarakat Solo memilih secara langsung walikotanya itu sejak tahun 2005.

Pemilukada Solo 2010 walau hanya diikuti 2 pasangan kontestan yaitu incumbent Jokowi-Rudy dan juga penantangnya Eddy Wirabhumi-Supradi bukan berarti tidak menarik. Banyak isu-isu krusial dan aksi-aksi yang “cukup hangat” sehingga memeriahkan suasana.

Tapi bagaimanapun akhirnya, pasangan walikota terpilih tetap harus mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah yang masih banyak demi mewujudkan Solo yang makin baik.

Tingkat kehingar-bingaran dan kemeriahan ajang Pemilukada Solo 2010 walau cukup “hangat” terbukti secara baik tidak sampai menimbulkan ekses-ekses negatif yang jelek secara nyata. Kericuhan, praktek-praktek intimidasi dan juga kekerasan muncul tidak signifikan pada Pemilukada kali ini. Arak-arakan pawai bermotor pun memang masih terjadi, tetapi tidak sampai sangat meresahkan.

Walau masih ada pelanggaran yang dicatat oleh Panwaslu Solo sebanyak 122 kasus administratif dan 2 kasus dugaan pidana, hal tersebut sangat jauh berkurang dibanding kejadian di 5 tahun yang lalu, walau aturan yang berlaku sekarang lebih ketat. Ini berarti menunjukkan 2 hal kemungkinan yaitu masyarakat Solo sudah “bosan” dengan hingar bingar politik ataupun masyarakat Solo sudah “makin dewasa” berpolitik. Adalah berkat kedua pasangan calon juga yang sanggup “menahan diri” sehingga iklim kampanye tidak sempat menjadi panass sekali.

Oke, akhirnya Pemilukada Solo 2010 pasti akan memunculkan seorang walikota terpilih. Pasangan ini adalah pasangan yang langsung dipilih warganya. Artinya amanat warga langsung secara berat disandang olehnya 5 tahun kedepan. Merekalah nanti memimpin transformasi kota Solo yang makin menjadi kosmopolitan dan makin moderen.

Tetapi juga mereka yang nanti juga memimpin arah kosmopolit dan kemoderenan agar tidak jauh meninggalkan tradisi budaya masyarakat Solo yang aslinya kaya dan adiluhung itu. Kalau mereka inovatif kekayaan budaya tersebut makin bisa dijual sebagai obyek kewisataan sehingga menarik turis dan mensejahterakan penduduk lokal Solo.

Di pundak mereka juga dititipkan amanat masyarakat Solo untuk penghidupan, iklim usaha dan akses lapangan kerja yang lebih baik tanpa diskriminasi sesuai amanat RPJMD Solo 2005-2025. Amanat tersebut juga tentang mempertahankan pendidikan dan kesehatan yang terjangkau oleh setiap masyarakat Solo. Semoga pasangan terpilih menjunjung tinggi amanat tersebut. Akhirnya selamat memilih bagi warga Solo…

AWA

Satu Tanggapan

  1. mesti menang jokowi no. lha incumbent kok. moga soyo apik dan ndak korupsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: