AKHIRNYA DJOKO BESARIMAN KEMBALI PIMPIN HANURA JATENG

Semarang, Fakta12

Setelah mengalami sidang sampai jauh malam, maka akhirnya Musda I Partai  Hanura se-Jawa Tengah berhasil memilih ketua DPD periode masa bakti 2010-2015. Pada Minggu pagi (16/5) sekitar pukul 03.25 , ketua lama, Mayjen H. Djoko Besariman, MM. akhirnya secara aklamasi terpilih kembali.

Walau dari dinamika selama Musda berkembang 3 kandidat calon ketua, tetapi akhirnya Ketua DPD sebelumnya melalui mekanisme yang ada secara aklamasi terpilih sebagai ketua baru sekaligus diberi mandat membentuk formatur dan susunan kepengurusan DPD yang baru.

Jalannya sidang berkembang cukup dinamis. Dalam pemandangan umum 37 delegasi berhak suara yaitu terdiri dari DPC-DPC, Pemuda dan Perempuan Hanura, semua relatif menerima LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban, red) ketua demisioner, walau banyak yang dengan memberi catatan-catatan.

Dalam kesempatan pemberian pernyataan dukungan, terlihat mengerucut menjadi 3 calon yaitu Ketua lama Djoko Besariman, Sekretaris lama Herman  Saragih dan calon dari Tegal yaitu Ustadz Abdul Aziz. Suara dukungan terhadap Djoko Besariman masih cukup kuat karena disuarakan 29 delegasi, sementara untuk Herman dan Abdulaziz jauh daripada itu.

Sebenarnya secara otomatis berdasar mekanisme yang ada Djoko Besariman dianggap secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua DPD. Hal ini dikarenakan mekanisme mensyaratkan syarat pendukungan diatas 20% dari delegasi sebagai syarat seorang calon layak maju sebagai calaon ketua DPD.

Tetapi karena permintaan yang berkembang dari pendukung-pendukung calon lain, maka sebagai bentuk penghormatan demokratisasi lalu diadakan voting untuk menilai bahwa calon lain dianggap layak maju bertarung ataukah tidak.

Hasil voting tersebut akhirnya secara telak mengukuhkan bahwa calon lain berdasar mekanisme yang ada belum layak maju bersaing. Hal ini  karena 23 delegasi dari total 37 delegasi yang berhak suara (62% lebih) menyatakan suara tidak. Hasil ini diterima oleh semua peserta sidang sehingga akhirnya Djoko Besariman terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua DPD Hanura periode 2010-2015….Selamat dan selamat bekerja Pak Djoko!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: