PENYERAPAN ASPIRASI WARGA DALAM MASA RESES 1 DPRD SOLO, DAPIL III BANJARSARI

Solo, Fakta12

Selama masa Reses ke I DPRD kota Solo dipergunakan untuk menyerap aspirasi warga terutama konstituennya. Salah satu contoh adalah di jalan Srigunting VI no 5 RT05/RW011 kampung Gremet, Manahan, Banjarsari. Daerah yang termasuk di Dapil III Banjarsari ini didatangi anggota dewannya. Tak kurang dari 4 anggota DPRD asal dapil tersebut yaitu : Hj. Istiyaningsih (Fraksi Nurani Indonesia Raya), Supriyanto (Fraksi Demokrat), Hj. Maria Sri Sumarni (Fraksi Golkar Sejahtera) dan Tjatur Wardaningtyas (Fraksi Nurani Indonesia Raya).

Penyerapan aspirasi DPRD Solo saat reses ini dijadwalkan dilaksanakan setiap tahun sebanyak 3 kali. Dan bulan Mei ini adalah masa reses pertama di tahun 2010 yang dimanfaatkan sebagai penyerapan aspirasi ke warga.

Orkes Keroncong Gema Vita Nada 11 Gremet

Acara yang dihibur keroncong tradisional setempat, Keroncong Gema Vita Nada 11 asal RW 11, pimpinan Mulyanto tersebut berlangsung tanggal 25/5 dari pukul 20.00 sampai selesai pukul 21.30 WIB. Acra dimoderatori oleh anggota Setwan DPRD Solo, Joko. Hadir disana perwakilan dari 4 kelurahan di Banjarsari yaitu Manahan, Gilingan, Ketelan dan Mangkubumen. Hadir disana pula lurah Manahan Susanto, SE. dan sebagai tuan rumah sesepuh dan ketua RW 11, Gremet yaitu S. Broto Karyoto.

Sesepuh RW 11 dan Lurah Manahan

Ngudo roso salah satu warga

Banyak aspirasi yang terserap dari anggota masyarakat disitu, seperti perlunya pengaspalan jalan-jalan di lingkungan Manahan terutama kampung Gremet yang diakui sudah lama diusulkan dalam Musrenbangkel tapi belum-belum terlaksana. Usul lain tentang sering banjirnya jalan di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo(Mangkubumen) dan Jl. Sam Ratulangi (Manahan) akibat drainase mampet. Juga ada ngudo roso mengenai pelayanan publik pembuatan KK yang dirasa memakan waktu yang lama, keluhan tentang sekolah negeri RSBI yang terkesan hanya untuk murid mampu saja, Jamkesmas yang seolah dianak tirikan pelayanannya di RS-RS tertentu, dan masih banyak lagi lainnya.

Supriyanto

Tanggapan dari anggota DPRD,  Supriyanto yaitu misalnya tentang pembuatan KK yang cenderung agak lama akhir-akhir ini maka dewan akan mengundang instansi terkait untuk meyelidiki bahwa kasus ini apakah merupakan kasuistik ataukah sistemik sehingga bisa dicarikan jalan mengatasinya secara tuntas dan cepat. Menyangkut masalah RSBI yang hanya terkesan terbuka bagi orang mampu sendiri, dia menjelaskan adanya rekomendasi dari DPRD Solo kepada Pemkot untuk tidak menambah lagi sekolah RSBI di Solo agar tercipta kesamaan akses pendidikan bagi semua kalangan terutama untuk sekolah-sekolah negeri.

Hj. Istiyaningsih

Mengenai masalah infrastruktur perbaikan jalan dan drainase mampet, dijelaskan oleh Hj. Istiyaningsih yang kebetulan juga anggota komisi II DPRD (membidangi infrastruktur, red) dengan menjelaskan tentang tata cara pembuatan proposal oleh warga untuk proyek infrastruktur. Dia sendiri berjanji untuk menjembatani dan memperjuangkan dengan instansi terkait sehingga usulan tersebut dilaksanakan oleh Pemkot melalui instansi terkaitnya dalam hal ini DPU. Walau Hj. Istiyaningsih sendiri menjelaskan bahwa paling cepat usulan tersebut baru terlaksana pada TA 2011 yang akan datang mengingat sudah padatnya proposal untuk TA 2010 yang berjalan ini.

Hj. Maria Sri Sumarni

Hj. Maria Sri Sumarni sendiri yang kebetulan anggota komisi I (membidangi Perundangan, red) juga menjelaskan tentang langkah-langkah relevan yang sudah dan akan diambil DPRD Solo melihat permasalahan-permasalah yang mengemuka tersebut. Menyangkut pengurusan KK dan KTP dia menjelaskan tentang akan dibuatnya Pansus oleh DPRD yang khusus menyoroti tentang AMINDUK (Administrasi Kependudukan, red) sehingga masalah-masalah yang ada sekarang dapat segera teratasi dengan satu aturan dan payung hukum pelaksanaan yang jelas. Demikian juga terhadap akses yang sama bagi setiap warga terhadap pendidikan, dia juga menjelaskan tentang sedang dibuatnya produk hukum yang mengatur pelaksanaan BPMKS (Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta) sehingga segera bisa dilaksanakan nantinya.

Acara Berikutnya

Untuk acara hari berikutnya, anggota DPRD Solo Dapil III Banjarsari tersebut meyelenggarakan lagi kegiatan di Sumber, Krajan pada 26/5 jam 15.30 dengan mengundang warga kelurahan Sumber, Kadipiro, Banyuanyar dan Nusukan.

Acara hari lusanya diadakan sendiri di kampung salah satu anggota, Hj. Istiyaningsih di Kampung Timuran kelurahan Timuran (27/5) jam 15.30 dengan mengundang warga di kelurahan Timuran, Kestalan, Punggawan, Keprabon dan Setabelan.

(tim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: