Lewis Hamilton Juara GP Belgia

Diwarnai rintik hujan di awal dan akhir balapan, Lewis Hamilton keluar jadi juara dalam balapan yang diwarnai sejumlah insiden di lintasan. Hamilton tampil brilian saat memenangi GP Belgia, Minggu (29/8/2010). Praktis hasil ini membuat pembalap andalan McLaren ini kembali merebut posisi puncak klasemen sementara pembalap yang sebelumnya dikuasai pembalap Red Bull Racing, Mark Webber.

Tampil dari posisi dua di belakang Webber, Hamilton langsung mengambil keuntungan dari start buruk yang dilakukan Webber. Juara dunia 2008 itu langsung merebut posisi terdepan dan memimpin balapan. Pembalap Renault, Robert Kubica berhasil membuntuti Hamilton di tempat kedua, diikuti Webber yang harus tercecer di urutan tiga.

Balapan di Sirkuit Spa-Franchorchamps kali ini memang banyak menghadirkan insiden. Di awali dengan insiden senggolan yang melibatkan pembalap veteran Williams Rubens Barrichello dengan jagoan Ferrari Fernando Alonso. Insiden ini pun memaksa Barrichello harus melupakan impiannya menandai balapan ke-300nya dengan prestasi, karena tak mampu melanjutkan balapan. Sementara itu, Alonso yang start di posisi ke-10 harus tercecer di belakang akibat insiden tersebut.

Insiden lain terjadi di pertengahan lap. Kali ini insiden melibatkan dua kandidat juara, Sebastian Vettel dan juara bertahan Jenson Button. Memasuki lap ke-15, Vettel yang berada di posisi tiga di belakang Button, mencoba melakukan manuver untuk melewati pembalap Inggris tersebut. Sayang, upayanya gagal total.

Pembalap Red Bull Racing ini tak mampu mengendalikan mobilnya yang berputar tak karuan di lintasan dan berakhir dengan menambarak mobil Button. Akibat insiden ini, Button terpaksa out, sedangkan Vettel masih mampu melanjutkan balapan, setelah terlebih dulu masuk pit untuk membenahi kerusakan pada bagian depan mobilnya. Akibat aksi konyolnya, Vettel pun mendapat drive trough penalty dari stewards karena aksinya yang merugikan pembalap lain.

“Saya berpikir harus bisa melewati Button. Jadi, saya memutuskan untuk mengambil dari sisi luar. Sayang usaha saya tak berhasil dan saya kehilangan kendali dalam kondisi mengerem hingga akhirnya mobil saya menabrak mobil Button,” lanjut pembalap yang dijuluki babby Schumy itu.

Sementara itu Jenson Button tak habis pikir dengan ulah Sebastian Vettel yang membuatnya harus keluar dari balapan pada GP Belgia. Pembalap andalan McLaren ini jelas kecewa karena menurutnya, insiden tersebut kian menipiskan peluangnya untuk terus bersaing mempertahankan gelar juara dunia.

Kontan, insiden ini membuat Button kecewa sekaligus kesal dengan sikap Vettel yang terlalu memaksakan diri saat mencoba melewatinya.

“Saya tak tahu apa yang terjadi dengan Sebastian (Vettel),” keluh Button

“Ini merupakan insiden yang sangat aneh. Saya sendiri tak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Yang jelas, insiden ini sangat merugikan buat saya. Ini sangat menyakiti saya,”

“Saya merasa ada benturan yang hebat menghantam sisi mobil saya. Menurut saya, insiden itu membuat tabung radiator saya robek dan jelas hal itu membuat saya tak bisa melanjutkan balapan,” sambungnya seperti dikutip Autosport, Minggu (29/8/2010).

Memasuki sisa delapan lap terakhir, Webber berhasil melewati Kubica yang masuk lap dan merebut posisi kedua untuk mengejar Hamilton yang memimpin balapan.

Insiden terakhir terjadi di akhir-akhir balapan. Saat cuaca mulai tak bersahabat akibat gerimis, Fernando Alonso harus keluar dari balapan setelah mobilnya tergelincir. Kondisi ini memaksa safety car memimpin balapan sekira satu lap. Memasuki tiga lap terakhir, Jarno Trulli dan Pedro de La Rosa mengalami nasib nahas setelah ikut tergelincir. Namun, beruntung de la Rosa masih mampu melanjutkan balapan.

Di sisa balapan, Webber yang berhasil menempel ketat Hamilton setelah tertolong masuknya safety car, mencoba sekuat tenaga untuk melewati pembalap asal Inggris itu. Sial, hingga bendera finis dikibarkan, Hamilton tetap memimpin. Webber sendiri harus puas finis di urutan dua, diikuti Kubica, Felipe Massa, Adrian Sutil, Nico Rosberg, Michael Schumacher, Kamui Kobayashi, Vitaly Petrov dan Jaime Alguersuari di urutan ke-10.

Bagi Hamilton, ini merupakan kemenangan ketiganya sepanjang musim ini. Sukses ini pastinya bakal membuat pembalap asal Inggris ini sumringah, karena dia berhasil kembali ke posisi puncak klasemen sementara pembalap. Dengan raihan 182 poin, Hamilton untuk sementara mengungguli Webber yang harus puas turun ke posisi dua dengan koleksi 179 poin, atau tertinggal tiga angka.

“Kembali ke puncak, dan menghadapi situasi yang sulit, merupakan hal yang sulit. Tapi, saya bersyukur kali ini saya berhasil melewatinya dengan baik. Jadi, perasaan saya luar biasa bahagia,” lanjut pembalap asal Inggris ini.

“Secara keseluruhan, tim melakukan pekerjaan yang luar biasa sepanjang akhir pekan ini. Kami bisa tampil kompetitif dengan konsisten. Di beberapa area, kami memang kalah cepat dari beberapa pembalap (Webber dan Kubica). Tapi, saya tetap puas karena kami bisa terus memaksimalkan kondisi mobil hingga akhir balapan. Saya sangat bahagia bisa kembali naik podium teratas,” tutupnya

Hasil lengkap F1GP Belgia, Minggu (29/8/2010) :

Pos – Pemblp – Negara – Tim – Waktu

1. Lewis Hamilton / Britain / McLaren-Mercedes / 44 laps

2. Mark Webber / Australia / Red Bull-Renault / +1.5s

3. Robert Kubica / Polandia / Renault-Renault / +4s

4. Felipe Massa / Brazil / Ferrari-Ferrari / +8.2s

5. Adrian Sutil / Germany / Force India-Mercedes / +9.0s

6. Nico Rosberg / Germany / Mercedes-Mercedes / +12.3s

7. Michael Schumacher / Germany Mercedes-Mercedes / +15.5s

8. Kamui Kobayashi / Japan / BMW Sauber-Ferrari / +16.6s

9. Vitaly Petrov / Russia / Renault-Renault / +23.8s

10. Jaime Alguersuari / Spain / Toro Rosso-Ferrari /                  +29.4s

11. Vitantonio Liuzzi / Italy / Force India-Mercedes / +34.8s

12. Pedro de la Rosa / Spain / BMW Sauber-Ferrari / +36.0s

13. Sebastien Buemi / Switzerland / Toro Rosso-Ferrari / +39.8s

14. Nico Hulkenberg / Germany / Williams-Cosworth / +1        lap

15. Sebastian Vettel / Germany / Red Bull-Renault / +1              lap

16. Heikki Kovalainen / Finland / Lotus-Cosworth / +1               lap

17. Lucas di Grassi / Brazil / Virgin-Cosworth / +1 lap

18. Timo Glock / Germany / Virgin-Cosworth / +1 lap

19. Jarno Trulli / Italy / Lotus-Cosworth / +1 lap

20. Sakon Yamamoto / Japan / HRT-Cosworth / +2 laps

DNF. Fernando Alonso / Spain / Ferrari-Ferrari / 37 laps completed

DNF. Jenson Button / Britain / McLaren-Mercedes / 15 laps completed

DNF. Bruno Senna / Brazil / HRT-Cosworth / 5 laps completed

DNF. Rubens Barrichello / Brazil / Williams-Cosworth / 0 laps completed. (b dwi M/f1lv)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: