INDIANAPOLIS MILIK PEDROSA

Dani Pedrosa memenangi balapan di Sirkuit Indianapolis AS, Senin (30/8/2010) dinihari WIB.Meski tak mudah, Pedrosa menyebut kemenangan itu diraihnya berkat fokus penuh, terutama di tikungan. Pembalap andalan Repsol Honda ini sukses naik podium pertama, setelah sebelumnya melibas pembalap tuan rumah Ben Spies

Start balapan dari posisi lima, Pedrosa langsung melejit ke posisi tiga sesaat setelah bendera dikibarkan. Pembalap Spanyol sukses melewati dua rivalnya, Jorge Lorenzo dan Nicky Hayden yang menempati urutan dua dan tiga untuk kemudian membuntuti rekan setimnya Andrea Dovizioso dan Ben Spies yang melejit memimpin balapan.

Pimpinan klasemen sementara yang mengawali start dengan buruk harus puas tercecer di peringkat lima. Sementara rekan setimnya di FIAT Yamaha, Valentino Rossi berhasil menempati posisi enam atau naik satu strip setelah sebelumnya start di posisi tujuh. Nasib kurang baik di alami Casey Stoner yang harus turun posisi dari enam ke urutan sembilan.

Memasuki lap ketiga, Pedrosa mulai menebar ancaman saat berhasil melewati Dovizioso untuk merebut posisi dua, membuntuti Spies. Meski sempat tertinggal sekira satu detik dari pembalap tuan rumah itu, Pedrosa yang beberapa kali sukses mencatatkan diri sebagai pembalap tercepat, sukses mendekati Spies.

Puncak sukses Pedrosa akhirnya terjadi pada lap ketujuh. Pembalap yang tengah berupaya mengejar Lorenzo di puncak klasemen ini akhirnya berhasil melewati Spies. Setelah sukses menjadi yang terdepan, Pedrosa mulai meninggalkan Spies dan sejumlah pembalap lain.

Sementara itu, Lorenzo masih konsisten menempati posisi empat dan dibuntuti Rossi dan juga Hayden di posisi enam. Sayang, nasib nahas justru harus diterima Stoner yang harus mengakhiri balapan lebih dulu setelah tergelincir dan terjatuh saat balapan masih menyisakan 21 lap.

Hingga memasuki lap ke-10, Pedrosa kian melesat dan meninggalkan Spies dengan gap sekira 1.2 detik. Sementara di posisi tiga hingga enam belum berubah dengan komposisi Dovizioso, Lorenzo, Rossi dan Hayden. Sementara Marco Simoncelli, Alvaro Bautista, Mika Kallio dan Aleix Espargaro melengkapi komposisi sepuluh pembalap terdepan.

Di lap ke 11, Lorenzo mulai mendekati Dovizioso untuk memperebutkan posisi terakhir di podium. Setelah sempat membuntuti pembalap Italia tersebut, Lorenzo akhirnya mampu melewati Dovi pada lap 15, Lorenzo sukses melewati Dovi dan mengamankan posisi ketiga. Namun, gap antara dirinya dengan Spies di posisi dua masih cukup jauh.

Di sisa 13 lap tersisa, Lorenzo memang berusaha keras mengejar Spies yang juga berusaha memburu Pedrosa yang kian tak terkejar dengan gap hingga 4.3 detik. Sedangkan Dovi yang kini turun ke posisi empat mulai terancam posisinya oleh sang juara sembilan kali, Valentino Rossi di tempat ke-lima.

Setelah selama tiga lap terus menguntit juniornya, The Doctor yang mulai musim depan bakal berkostum Ducati berhasil melewati Dovi dan merebut tempat keempat. Dovi sendiri kini harus puas menempati posisi lima, diikuti Hayden di tempat keenam.

Memasuki enam lap terakhir, Spies mulai menebar ancaman setelah berhasil mencatatkan waktu lebih cepat dari Pedrosa. Sayang, usaha rookie yang mulai musim depan bakal menjadi tandem Lorenzo di FIAT Yamaha ini gagal mendekati Pedrosa yang melaju mulus melewati garis akhir dengan selisih hampir empat menit.

Meski hanya mampu finis di posisi dua, namun ini jelas merupakan hasil fantastis bagi Spies yang baru musim ini terjun ke pentas MotoGP. Ia gagal menuntaskan ambisi untuk meraih kemenangan perdananya di pentas MotoGP dihadapan publiknya sendiri, Spies mengaku sudah cukup puas dengan hasil yang diraihnya kali ini. Pembalap muda Amerika Serikat ini mengatakan, ini merupakan hasil terbaiknya karena tak mampu menyamai kecepatan Pedrosa dengan RC212V-nya.

“Ini merupakan hasil yang besar. Kami berhasil menjalani balapan dengan sangat baik. Hasil ini memang tidak sempurna. Tapi, toh saya bisa merebut pole position dan mengawali balapan dari posisi terdepan. Saya berhasil memimpin balapan untuk beberapa lap dan tidak melakukan banyak kesalahan,” tutur Spies

Sementara itu, posisi tiga menjadi milik Lorenzo. Ini merupakan pertama kalinya Lorenzo finis di luar dua besar. “Saya tidak seharusnya kecewa dengan posisi ketiga, namun saya tidak puas dengan penampilan saya hari ini. Saya tidak balapan dengan sebaik yang saya bisa lakukan dan saya tidak mampu memulai balapan dengan baik,” ujar Lorenzo.

“Kondisinya sangat sulit dan saya tidak mempunyai kekuatan fisik untuk berjuang atau melakukan hal yang sama ketika di sesi latihan. Trek licin dan sangat sulit menggunakan ban yang diinginkan,” lanjut pembalap 24 tahun itu.

Sementara itu posisi empat diraih Rossi, disusul Dovi, Hayden Simoncelli, Bautista, Aleix Espargaro dan Hector Barbera di posisi sepuluh.

Bagi Pedrosa, ini merupakan kemenangan ketiganya sepanjang musim ini. “Sangat panas di luar sana. Anda tahu, Anda sama sekali tak beristirahat selama 45 menit di luar sana. Treknya sendiri licin, motor pun menjadi sangat licin. Banyaknya yang crash hari ini pun disebabkan juga karena benturan dan temperatur trek,” ujarnya..

” Penting untuk tetap fokus di setiap tikungan dan tak membuat kesalahan dengan gesekan,” tukasnya

Sayang, kendati berhasil meraih poin sempurna (25), Pedrosa tetap masih tercecer cukup jauh dari Lorenzo yang masih kokoh di puncak klasemen. Dengan koleksi 183 poin, Pedrosa masih terpaut 68 poin dari Lorenzo (251) di sisa tujuh seri.

Hasil Balapan MotoGP Indianapolis

Pos – Pemblp – Tim – Wak

1. D Pedrosa / Repsol Honda / 47 menit 31,615 detik

2. B Spies / Monster Yamaha Tech / 3 +3,575

3. J Lorenzo / Fiat Yamaha / +6,812

4. V Rossi / Fiat Yamaha / +12,633

5. A Dovizioso / Repsol Honda / +21,885

6. N Hayden / Ducati / +35,138

7. M Simoncelli / San Carlo Honda Gresini / +36,740

8. A Bautista / Rizla Suzuki / +36,825

9. A Espargaro / Pramac Racing Team / +44,905

10. H Barbera / Paginas Amarillas Aspar / +51,368

11. L Capirossi / Rizla Suzuki / +55,386

12. H Aoyama / Interwetten Honda / +57,903

13. R De Puniet / LCR Honda / +1’04,139

Tidak Finis:

1. M Kallio (Pramac Racing Team)

2. C Edwards (Yamaha Tech 3)

3. C Stoner (Ducati Team)

4. M Melandri (San Carlo Honda Gresini)

(dwi_m/mtGP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: