SILAHTURAHMI EKSEKUTIF-LEGISLATIF-TOKOH MASYARAKAT DALAM MERAYAKAN HARI JADI WONOGIRI KE 270

Wonogiri, Fakta12, Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati  Wonogiri, Kamis (19/5) berlangsung Silaturahmi antara jajaran Eksekutif-Legislatif-Tokoh Masyarakat dalam rangka Hari Jadi Wonogiri ke 270. Uniknya dalam acara pertemuan ini, yaitu semua yang ahdir menggunakan pakaian adat Jawa dan semua acara dibawakan dengan bahasa pengantar bahasa Jawa halus. Hal ini karena bertujuan ingin ikut melestarikan nilai-nilai luhur budaya Jawa seperti dijabarkan oleh Raden Mas Said sebagai tokoh yang diyakini mendirikan Kabupaten Wonogiri.

Acara yang dimulai pada pukul 10.30. Dimulai dengan Uraian singkat sejarah berdirinya dan ditetapkannya hari jadi Wonogiri. Tepatnya pada hari Rabu Kliwon tanggal 3 Rabi’ul awal (Mulud) Tahun Jumakir, Windu Senggoro: Angrasa retu ngoyang jagad atau 1666, bertepatan dengan perhitungan masehi maka menjadi hari Rabu Kliwon tanggal 19 Mei 1741.

Seperti diketahui bahwa Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa merupakan pahlawan Nasional jaman itu yang gigih menentang kolonialisme Belanda dan antek-anteknya di kerajaan Mataram. Dilihat dari sejarahnya inisiatif beliau dan pembantu-pembantu dekatnyalah yang  membuat berdirinya pemerintahan mandiri di Nglaroh (yang sekarang masuk di wilayah Kabupaten Wonogiri). Karena pembentukan pemerintahan tersebut dalam rangka perjuangan menentang penjajahan dan ketidak adilan, maka memang patutlah diperingati sebagai cikal bakal Kabupaten (praja) Wonogiri.

Ikut memberi sambutan dalam rangka peringatan tersebut (Pangandika Pangaybagya) dari Tokoh masyarakat yaitu A.K. Zaelani dari HKM (Himpunan Keraton Mangkunegaran). Dari Pihak legislatif diwakili oleh Ketua DPRD Wawan Setyo Nugroho, S.Sos. Sementara dari Eksekutif juga langsung oleh Bupati sendiri H. Danar Rahmanto.

Dalam sambutannya ketua DPRD Wawan Setyo Nugroho tak lupa mengingatkan tantangan masa reformasi sekarang yang walaupun menghasilkan banyak kemajuan masih menyisakan tantangan-tantangan seperti masih tingginya tingkat pengangguran dan kesenjangan ekonomi di masyarakat. Dia mengharapkan juga program mencanangkan bahwa tahun 2011 ini di Wonogiri sebagai tahun investasi akan memacu semua elemen untuk mensukseskannya. Pihak legislatif sendiri berjanji akan berusaha memperbaiki atau mengganti perda-perda yang kurang sesuai untuk menjamin terwujudnya iklim persaingan sehat yang akan menunjang keinginan berbagai pihak berinvestasi di kabupaten Wonogiri.

Bupati Danar Rahmanto sendiri juga menambahkan bahwa cara mensukseskan tahun investasi di Wonogiri ini harus dihayati semangat Raden Mas Said : holopis kuntul baris yaitu semangat kebersamaan yang sinergis dalam bekerja di semua eksponen masyarakat Wonogiri. Dia mengatakan bahwa Wonogiri kedepan harus menjadi tujuan industri dan tujuan wisata yang nyaman, aman dsn terbuka.

Acara sendiri berlangsung sampai jam 11.30 diakhiri dengan pembacaan doa (dongo Sesarengan) oleh Bapak Hariyadi, Sag. Mag. (Ar/Ed/Sus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: